Penyebab cantengan yang harus kamu ketahui

Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari ahingga mengakibatkan pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga memiliki resiko untuk melukai kulit. Kondisi yang seperti ini sering dialami oleh jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku melengkung atau kuku tebal. Cantengan dapat terjadi pada kuku di salah satu kaki atau di kedua kaki. Meskipun cantengan dapat sembuh, kondisi ini berisiko kambuh berulang kali atau  menimbulkan komplikasiyang lebih serius, terutama pada mereka yang mengidap diabetes atau kelainan pembuluh darah jika tidak diobati dengan benar. Ada beberapa penyebab cantengan yang harus kamu ketahui. Namun, sebelum itu kamu harus mengetahui beberapa gejala dari cantengan tersebut. Diantaranya:

  • Kulit jari kaki mengalami pertumbuhan berlebih.
  • Keluarnya nanah berwarna putih atau kuning.
  • Terdapat penumpukan cairan di bagian jari kaki.
  • Nyeri apabila kuku yang mengalami cantengan ditekan
  • Peradangan pada kulit di ujung jari kaki.
  • Keluarnya darah, nanah dan pertumbuhan kulit berlebih pada kuku yang mengalami cantengan
  • Pendarahan dikuku yang mengalami cantengan tersebut.[1]

“dilansir dari laman Hellosehat” ada 6 penyebab cantengan yang harus kita ketahui. Berikut ke enam penyebab tersebut yaitu:

  1. Melakukannya kegiatan yang mengakibatkan pertumbuhan kuku menjadi tidak normal. Kegiatan yang dimaksud sehingga beresiko besar menyebabkan cantengan adalah sepak bola atau menari balet. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan pada kuku ketika kita sedang melakukan kegiatan tersebut.
  2. Faktor keturunan

Jika salah satu dari anggota keluarga ternyata ada yang memiliki cantengan, maka risiko lebih besar untuk kita memiliki hal yang sama. Sana-sama mengidap penyakit cantengan tersebut.

  • Cedera pada kuku ternyata juga termasuk penyebab cantengan yang harus kita ketahui. Kuku dan jari kaki yang sering kejedot pintu, meja, serta benda keras lainnya. Bahkan, tidak sengaja kejatuhan barang berat tepat di atas kuku kaki, merupakan cerita yang terkadang kita alami tanpa sengaja dan tanpa kita sadari menjadi salah satu penyebab cantengan tersebut. Dan semua itu terjadi karena terkadang faktor dari keteledoran kita sendiri sehingga kuku menjadi cedera bahkan bisa membuatnya oatah, dan akhirnya resiko yang harus kita terima pertumbuhan kuku kedalam daging.
  • Pemakaian sepatu yang terlalu sempit

Mengapa hal ini menjadi alasan penyebab cantengan itu sendiri. Karena jika kaki terlalu lama ada penekanan, resiko yang akan dihadapi adalah pertumbuhan kuku kearah yang salah, dan ini akan menimbulkan kuku tersebut menjadi tumbuh kebagian daging lalu menyebabkan cantengan itu terjadi, lambat laun akan semakin parah jika terus menerus dibiarkan. Maka disarankan gunakan sepatu dengan ukuran yang pas atau lebih longgar sedikit agar pertumbuhan kuku memiliki ruang sehingga tidak tumbuh pada arah yang salah.

  • Ukuran jari yang tidak sebanding dengan kuku juga termasuk penyebab cantengan yang harus kamu ketahui. Kondisi yang dimaksud tersebut adalah jari yang terlalu kecil dan tidak sebanding dengan ukuran kuku yang besar, akan mengakibatkan jari kesulitan untuk menjaga pertumbuhan kuku. Hal ini membuat kuku menjadi tumbuh tidak teratur.
  • Pemotongan kuku yang dilakukan secara tidak benar.

Timothy C. Ford, DPM, seorang direktur kesehatan anak di Rumah Sakit Jewish Hospital & St Mary’s HealthCare, menjelaskan bahwa salah satu penyebab cantengan yang paling sering terjadi adalah karena cara memotong kuku yang salah, pemotongan kuku yang tidak rata sehingga menyebabkan tumbuh kearah yang salah. Dan ini sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang. Nyatanya, sangat berpengaruh dan bisa mengakibatkan fatal sehingga menjadi salah satu penyebab dari cantengan itu sendiri.


[1] Sumber referensi Alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *