Genset Bensin vs Genset Solar, Pilih yang Mana?

Tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan genset. Setiap jenis genset memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah genset mungkin ada baiknya anda juga mencari info lebih dalam terlebih dahulu.

Genset Bensin mungkin adalah salah satu jenis genset yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, alasan pertama adalah kemudahan dalam mencari bahan bakarnya. Yap, bensin memang mudah sekali ditemukan baik di pom bensin maupun para penjual eceran sehingga soal ketersediaan bahan bakar tak perlu diragukan. Untuk kelemahan genset bensin sendiri ada beberapa hal terlebih jika dibandingkan dengan genset solar.

  1. Keamanan

Bensin mungkin lebih mudah ditemukan dibanding solar, namun bensin juga memiliki kelemahan yakni jauh lebih mudah terbakar dibanding dengan solar. Sehingga bisa dibilang potensi terjadinya kebakaran jauh lebih tinggi genset bensin dibanding genset solar.

  1. Emisi

Emisi yang dihasilkan dari genset bensin jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan genset solar. Hal ini tentu lebih berbahaya bagi lingkungan sekitar. Oleh karena itu sangat berbahaya sekali jika meletakkan genset yang menyala di dalam ruangan tertutup terlebih genset bensin ini.

  1. Penggunaan

Dibanding dengan genset solar, penggunaan dan perawatan genset bensin bisa dibilang lebih rumit. hal ini karena genset bensin seringkali mengalami trouble semisal ketika cuaca sedang dingin atau jarang digunakan. Biasanya butuh pemanasan yang rutin agar kondisi mesin selalu prima. Selain itu mengingat harga bensin lebih mahal dibanding dengan genset solar maka sudah pasti biaya produksi akan meningkat juga.

Sementara itu, Genset Solar biasanya terdiri dari dua varian yakni genset silent dan open. Sebenarnya tidak ada yang membedakan secara performa karena yang membedakan keduanya sebenarnya adalah casing penutupnya, Genset silent memiliki casing yang berguna untuk meredam suara. Jadi soal suara bisa dibilang lebih kalem dibandingkan dengan genset open.

Meski terlihat banyak kekurangan bukan berarti genset solar jauh lebih unggul, karena semua kembali tergantung kebutuhan. Perlu anda ketahui, mau genset bensin atau genset solar pastikan anda selalu merawatnya dengan baik, selalu cek bahan bakar sebelum digunakan jangan sampai anda telat mengisi ulang genset karena bukan hanya membuat listrik terputus namun juga bisa menyebabkan kerusakan pada genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *